Saturday, November 09, 2013

Yang perlu dan engga perlu dalam Belanja Kebutuhan Bayi

Ibu-ibu pasti bahas ini dari taun 1816 (ngarang). Tiap kebutuhan ibu memang beda-beda, tapi lemme share yaa benda-benda wajib dan tidak versi gw dalam rawatin bayi setidaknya sampe usia 6 bulan

Yang wajib punya:
Baju-baju newborn
Tentu saja ini penting, emang bayi lo mau telanjang aja gitu? Yayaya.. tapiii sebagai bumil lo sebaiknya ga kalap belinya. Celana panjang,celana poop, baju lengan panjang dan lengan pendek kancing depan menurut gw cukup masing-masing 3, Apalagi kalo rumahnya ada si bibi yang siap cuci tiap hari, ga usah beli lusinan, hemat.

Kaos-kaos adem, singlet, celana pendek nyaman dan jumper
Setelah usia satu bulan, baju newborn ini udah melipir diganti item diatas buat sehari-hari. Gw paling suka deh makein singlet dengan lengan dan celana panjang buat bobo.. adem benerrrr.

Kain bedong
Gw beli 6 pcs, kurang rasanya. Kepakenya sampe sekarang, selain buat bedong (di dua minggu pertama aja), juga buat alas kasur, selimutan tipis, kadang-kadang lap iler. Motifnya juga cakep-cakep kan. Cari yang bahannya enak yaaa, kaya dari libby atau carter, jadi adem dan ngunyunyud.

Carrier
Penting banget! buat jalan-jalan, nina boboin, obat nangis dan rewel! mau sling, jarik, SSC. sedian budget khusus deh kalo ga minta kado huhuhaha.

Stroller
Gw ga suka main ke Mall sih (karena jauh hahahha) tapi stroller ga cuma kepake pas jalan ke mall aja. Jalan sore dan jalan pagi atau boboin bayi bisa banget pake stroller. Asik loh liat bayi happy liat luasnya langit sambil tiduran dalam stroller. Ohya belinya ga usah yang mahal-mahal, sayang kan udah bisa duduk udah males yang ribet-ribet gitu pasti jadi kepengen ganti yang model travel.. #semicurhat 

Kaos kaki
Beli deh minimal 6 pasang. Kepake sampe 9 bulan juga, karena kaos kaki ga kenal istilah kekecilan minimal sampe Balboa sekarang deeeh.

Gunting kuku
Iya bener, penting banget cari gunting kuku yang cakep. Maksudnya tajam dan handy. Gw pribadi ga bisa make gunting kuku bayi, jadi belinya gunting kuku kecil aja tapi pilih yang tajem.

Pospak
Permisiiii melipir dulu yaaa sama ibu-ibu go green tapi sungguh saya tidak bisa lepas sepenuhnya dari barang iniiii! Terutama kalo buat pergi dan malam hari udah deh gw nyerah ga clodian.

Clodi
Minimal punya 10 pcs mungkin bisa tenang ya. Karena susah kering, jadi perputaran clodi ini agak lambat. Balboa pake setiap harinya 5 biji itupun karena malemnya dipakein pospak. i recomended Cluebebe sama Sobi kalo lokal. Prefer Snap dibanding Velcro soalnya velcro ini suka bikin merah-merah pinggirannya kan keras..

Baby Cream
Gw beli yang switzal buat ngilangin kemerahan abis digigit nyamuk. Penting aja sih.

Setiker Nyamuk
Sebungkus 30rb. Mahal sih…. Tapi berguna. Tips dari gw: lama-lama sayang juga ya 30rb abis buat seminggu aja. Akhirnya diganti dengan minyak sereh yang ditetesi ke air panas ditaro dipojokan. Sama aja hehehe.

Kain Batik
gw dapet banyak dari kado, dikasih ibu-ibu temen nyokap.. dipikir ih buat apa sih emang eike ibu-ibu jaman dulu pake kain batik buat bayii! ternyataaaaa..fungsinya banyak. buat jarik, buat sprei kasur bocah dll. jadi kain ini ternyata nyimpen udara dingin jadi pas dipake, nyesss adem.

Baju-baju 3-6 m
kita ga bisa prediksi bayi kita bakal segemuk apa... kalo kasus gw, baju-baju 6 m gitu kepake dari 3 m. semuanya hasil dari pengasihan mertua, Alhasil sampe sekarang belum pernah beli baju lagi..apalagi jalan ke babyshop. #inisemicurhatlagi #nasibhidupdigurun



Barang yang ga perlu-perlu amat:
Selimut
Sebenernya mutlak sih bayi (apalagi newborn) selimutan. Tapi buibu sebelum belanja sadar diri dulu yaaa hidup didaerah mana.. jangan kaya saya. Udah tau hidup di daerah panas, beli selimut ga kira-kira. Motif ini itulah, titip bapaknya dari amerika lah, belum sejibrek kado. Sekarang? Ada dipojokan…. Panas kali. Udah dibedong ditambah selimut, iya masih kurang sebulan. Abis itu ditendang-tendangin deh itu. Mending pakein sleepsuit yang ketutup sampe ujung kaki, anget. Kalo gw sih udah ga berlaku, singletan aja! :D

Tas bayi aka diaper bag
Emang sih banyak kantong dan banyak model yang bagus, tapi kalo gw mending pilih nyatu aja sama tas pergi, atau ga ditaro di ransel biar bapaknya yang bawa segalaaa jenis pekakas bayi, hehehe. Kalo diaper bag dengan desain imut nan lucu, mana mau bapaknya bawa…

Bouncer
Dibeberapa bayi termasuk bayi gw, bouncer cukup bantu buat boboin bayi sesekali. Tapiiii kalo udah 4 bulan ke atas, ga akan betah lagi deh. tips dari gw: kalo mau beli bouncer belilah yang biasa aja, jangan terpengaruh sama kuat maksimal sampe sekian kg, bisa rocking chair, bisa dipake sampe anak 2 th, karenaaa ya itu, ga akan kepake juga kalo anak udah banyak gerak mah.

Toiletries
Pasti banyak yang ngado. Jangan beli.

Baby Box
Katanya sih biar bayi mandiri ditaro ditempat tidur sendiri. Tapiii berat tau kalo malem-malem ngasih mimik harus bolak-balik taro lagi, angkat lagi. Enakan sekasur aja kan? Soal safety, percaya aja kalo bayi dilindungi ribuan malaikat hehe.. kasian baby box hadiah mertua, sekarang jadi tempat penyimpanan kue kering sama nyokap.

Sepatu bayi lucu-lucu imut banget

Emang lucuuuuu kaaan. Lalu coba pakein ke bayi ternyata ga tega masih piyik udah jejelin daging ke sepatu, double kaos kaki lagi. Ya udah tunggu gedean, eh gede dikit udah ga muat. Ya udah deh ga kepake hahaaahaaaaa.

Baby bather
gw ga pernah punya. tapi sampe sekarang masih kesulitan mandiin bayi... jadi balik nanya, baby bather bantu ibu oon kaya saya ga sih?

apalagi ya? Silahkan ngelist dari kebutuhan masing-masing deh, semoga bermanfaat yaaa.. :)