Monday, October 08, 2012

It's Preggy Time!


Selain skripsi, kehidupan gw berjalan sangat normal dan riang gembira. Tanpa banyak yang sangka (bahkan gw sendiri!) gw bisa membuktikan kedewasaan berpikir dengan memutuskan menikah. Abis nikah, kelakuan tetep sama, mwahahha!. Sejujurnya, menikah dengan expecting man, memang ga mengubah apapun kecuali jadi tinggal bareng. Kita hanya melanjutkan kehidupan bareng, dengan gaya lama selama pacaran (tapi bisa bobo bareng looooooohhh *ditimpukin jomblo). Mungkin karena itu banyak yang bilang abis nikah, gw dan aditya kaya masih pacaran, karena emang ga pernah tau kelakuan orang menikah itu kaya gimana sih?

Tapi 6 bulan aja berjalan dan kita masih nonton bioskop, masih gosipin orang di mall, masih niruin joget eunhyuk, masih saling ngeloyor pas bayar makan, masih ingkar janji buat lari pagi, ya gitu.
Tau-tau, di suatu pagi, dengan muka beler gw keluar kamar mandi. Iseng-iseng testpack yang gw beli (karena ternyata harganya murah) nunjukin dua garis!

semacam begini loh muka shock gw keluar toilet
(lagi gambar iseng jadi ga kerudungan deh gambarnya)

GW HAMIL!
HUWOOOOOO GW HAMIL! *teriak sampe ujung lorong*

Maksud gw, ga pernah kepikiran sama sekali kalo kita bakal dikasih amanah secepat ini! Sepanjang pacaran dan 6 bulan menikah, obrolan tentang anak ada di sekitar 7% dari sekian banyak obrolan kita. Lalu sekarang punya anak!! Ditengah kelakuan minus gw, gw punya anak! Gw dan aditya bakal punya anak!!! Gw akan terbebas dari perasaan tersinggung sama strangers yang panggil gw “Ibu” karena gw bakal jadi ibu-ibu! Mwahahhaha!
(semacam berisik banget deh)

Ya udah, sesi selanjutnya selain amazing sama diri sendiri gw mungkin akan mengubah gaya bahasa dalam blog ini. Karena kelakuan tercermin pada kata-kata, dan ga ada calon ibu yang blogging dengan bahasa serampangan.

Seminggu setelah drama testpack, kita mutusin buat ke dokter. Beberapa kali gagal karena ga mudah memutuskan dokter semacam apa yang pengen kita datengin. Aditya ngebebasin dokter kaya gimana juga yang penting gw nyaman. Akhirnya diputusin buat nemuin Dr. Aswin Sastrowardoyo di RS. Fatmawati. Di internet dan temen kantor banyak yang rekomendasi karena bagus dan sabar. Sebelum dating, ga lupa gw telpon buat memastikan jadwal beliau.

Jumat pagi, kita datang ke RS. Fatmawati. Ga disangka, rumah sakit itu ramenya melebihi mall. Kalo boleh dideskripsikan ramenya, itu…RAME BANGET. Dan ga kalah parah administrasinya kelewatan, abis antri daftar, antri daftar bayar, antri bayar, antri daftar ulang, antri periksa tekanan darah, lalu baru antri dokter. INI GW BISA-BISA KEBURU MELAHIRKAN BEGINI CARANYA.

Di step antrian ke 4, suami udah bilang buat cancel aja ganti ditempat lain, tapi gw tetep berhusnudzon karena udah terlanjur aja gitu. Setelah berjam-jam sabar, gw baru dapat info kalo Dr. Aswin ga praktek di situ, tapi di gedung lain yang berjudul gedung executive. Maksud gw, kenapa gada yang bilang sih?! Tapi demi figure seorang calon ibu yang baik, gw tetap sabar dan mencoba legowo untuk tetap antri demi dokter siapapun yang penting mau periksa gw.

Dan tibalah pada akhirnya gw dipanggil, setelah ditanya soal menstruasi dan sebagainya, dokter muda tersebut meminta kami menunggu. Lalu datang dokter yang belakangan gw tau namanya Dr. Yucka. Dia wanita berumur, berkerudung dan agak suram wajahnya.
Sambil ambil duduk, Dr. Yucka memandangi gw dan suami yang kebetulan lagi becanda sambil cubit pipi gw dan bilang; “ini apa-apaan ini?!” oke, mungkin dokternya berusaha melebur, ikut becanda.
Lalu dia dengan berwajah kejam, berondong pertanyaan soal kapan terakhir mens, kapan testpack, tanpa sedikitpun membiarkan kami relax berhadapan dengan dia. Gw ga suka, tapi aditya masih sabar dan menanggapi dengan hormat. Lalu aditya Tanya, “Jadi dok, kapan USG?” ga sangka, dokter tadi tanpa mengubah mimik wajah, langsung ngomel-ngomel. “Kamu kalo ga saya suruh, jangan tanya-tanya. Saya dokter, saya tau apa yang harus saya suruh!!”
Astagfirulloh, macam mana dokter ditanya langsung kaya begitu? Manusia mana juga tau kalo mau cek hamil selain testpack ya pasti USG! Gw langsung esmosi jiwa dan bales muka ketus. Dia masih ngomong soal penjadwalan USG(!!) dan gw udah pengen acak-acak satu rumah sakit.

Bener-bener pengalaman banget kalo; 1. Apapun yang terjadi, jangan pernah berpikir RS. Fatmawati adalah tempatnya dan 2. Hindari manusia yang bernama Dr. Yucka.

* * *
Beberapa hari kemudian gw dan suami memutuskan menemui Dr. Prima Progestian di rsib Muhammadiyah. Antri wajar, tapi memang yaaa..gw jadi bertanya-tanya, kenapa orang hamil banyak banget sih di Jakarta?!
Dokternya baik, belum terlalu tua dan yang bikin nyaman, USG nya dia transvagina tapi suster yang memasukkan alatnya, dia hanya senter dari pinggir aja, ga pake intip-intip, hehehe.
Kata dokternya: “wah iya beneran ada tuh…8 minggu, suaminya sini kalo mau liat, nih udah ada suara jantungnya..”
Terus aditya datang ke ruang USG dan dengan wajah sumringah lihat layar USG. Indah dan bahagia…sementara dibelakang punggungnya gw melolong dalam hati kalo layar USG nya ketutupan suami sendiri. Begitu nyampe rumah langsung gw jitak deh tuh.

Pada akhirnya, kita sangat senang bakal hadir miniatur dela dan aditya. Bertanya-tanya akan seperti apa nanti dia? Moga-moga sehat ya nak…

Yang paling enak, suami jadi lebih peka, baik banget dan super manjain. Ga pernah sekalipun dia melewatkan sesi gw minum susu dan obat. Dia telaten banget perhatiin kandungan susu mana yang paling bagus, atau ngasih minum vitamin ke gw yang spesial case ini (alias ga bisa minum obat hehe)

Dua bulan gw lewatkan tanpa banyak halangan berarti. Memang beberapa kali sering kerasa mual tapi gw pikir gw kembung karena angin, dan sampe sekarang belum ngalamin rasanya ngidam.
Ohya, gw ada beberapa tips buat ngatasin mual yang ga selesai-selesai dari beberapa yang gw baca dan alamin:
  • Usahain nguap lebar-lebar dan perhatikan alur teurab. Jangan salah, teurab yang sukses bisa mengeluarkan mual, tapi kalo sembarangan, bisa menaikan makanan lalu memicu muntah.
  • Kalo mulai merasa makanan naik, cari udara segar dan duduk tegak.
  • Abis makan jangan langsung tiduran atau senderan
  • Buah anggur lumayan loh buat hilangin mual. Kalo pisang karena gasnya banyak malah bikin malikbek perut.
  • Kalo udah gemeter dan ga tahan buat muntah, buru-buru peluk suami. Entah kenapa ada zat tertentu dari pelukan tersebut yang bisa menurunkan rasa mual. Tips ini yang paling menjanjikan!



No comments: